Halaman

Selasa, 23 Desember 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 1

Satuan Pendidikan          : SMA NEGERI 1 PEKALONGAN
Kelas/Semester    : X Peminatan / 1
Mata Pelajaran      : BAHASA INGGRIS
Topik                     : ucapan dan respon ajakan
Skill                            : Berbicara (speaking)
Pertemuan             : 1
Alokasi Waktu       : 3 X 45 menit

A.   Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.   Kompetensi Dasar
KD 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
KD 1.2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
KD 1.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 1.4 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mengidentifikasi ucapan dan merespon ajakan melakukan tindakan dengan baik dan benar.
2.    Merespon ucapan ajakan melakukan tindakan dengan intonasi dan kelancaran dengan baik dan benar.
3.    Mengaplikasikan ucapan dan respon ajakan melakukan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.
D.   Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu mengidentifikasi ucapan dan respon tentang ajakan melakukan tindakan.
2.    Siswa mampu merespon ucapan ajakan melakukan tindakan.
3.    Siswa mampu mengaplikasikan ucapan ajakan dan respon melakukan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.
E.    Uraian Materi
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan.
Offering to do something.
To offer someone to do something, we can use some of the following expressions.
·         How about (or what about) + v-ing/ noun …?
How about (or what about) going to the cinema?
·         Why don’t + we/you + v …?
Why don’t we go to the beach while it’s sunny?
Why don’t you leave a message? Then Mr. Johnston’s secretary will take it and he’ll call you back when he’s available.
·         Why not + v …?
Why not do this again later? We need a break.
·         We could/should + v ….
We could go to the cinema instead of just staying in.
We should celebrate your college admission.
·         Shall we + v …?
Shall we go before it starts raining?
·         Let’s + v …
It’s raining cats and dogs. Let’s just stay in and watch some DVDs.
          Responding to an offer to do something
·         Accepting an offer to do something
Yes/ yeah, great/fine/OK/that’s a good idea/ that sounds good.
Sure, if you like.
Yes, I don’t mind.
Let’s!
·         Refusing an offer to do something
I think I’d rather go to the concert.
·         Dalam dialog berikut diberikan beberapa contoh ungkapan ketika kita akan menawarkan sesuatu kepada orang lain.
A: Here. Have a cookie. (Ini, sila
hkan dimakan kuenya)
B: Thanks
A: Would you like some cake? (Anda mau makan kue)
B: No thank you. It looks delicious though (Tidak terima kasih. Kelihatannya enak juga)
A: How about a glass of coffee? (Bagaimana dengan segelas kopi?)
B: Thanks, but I don’t drink coffee. (Terima kasih, tapi saya tidak minum kopi)
A: What will you have (to drink)? (Kamu mau minum apa?)
B: Manggo juice will be fine. (Jus mangga saja)
A: Would you like some more pie? (Kamu mau makan kue lagi?)
B: Sure. It’s really good. Did you bake it yourself? (Tentu, sangat enak. Apakah kamu yang membuatnya sendiri?)
A: Can I get you some milk or something? (Bisa saya buatkan susu atau sesuatu)
B: Well, a glass of water would be okay. (Baiklah, segelas air putih juga tidak apa-apa)
F.    Pendekatan/ Model/ Metode Pembelajaran
Pendekatan    : Saintifik
Model           :
Metode         : Pembelajaran Kontekstual
G.   Media Pembelajaran
1.    Laptop
2.    LCD Proyektor
3.    Internet
4.    HP
H.   Sumber Belajar
1.    Lembar Kerja Siswa
2.    Bahan Tayang
3.    Buku Paket
4.    Modul Pembelajaran
I.    Kegiatan Pembelajaran
1)    Kegiatan Pendahuluan

Guru
Siswa
Waktu
-   memberi salam kepada siswa
-       membalas salam guru
10’
-   mengajak siswa berdoa
-       berdoa bersama dengan guru
-   mengecek kehadiran siswa

-       menyatakan kehadirannya dengan berkata, “present
-   motivasi penyemangat belajar
-       memperhatikan dan memetik makna dari motivasi yang disampaikan


2)    Kegiatan Inti
Mengamati
·      Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan.
·      Siswa mengikuti interaksi mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan.
·      Siswa menirukan model interaksi mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dalam bahasa inggris perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Kemudian siswa membuat kalimat secara kelompok berdasarkan contoh yang telah diberikan guru.
Mengasosiasi
·     Siswa membandingkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·      Siswa membandingkan antara ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·      Siswa mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·       Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mengucapkan ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan dalam jurnal belajar (learning journal).
3)    Kegiatan Penutup
Guru
Siswa
Waktu
-   memberi panduan menyimpulkan hasil pembelajaran
-    dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
10’
-   meminta siswa menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-    menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
-   memberikan penugasan terstruktur individu untuk membuat written ‘’offering ti do something’’
-   penugasan terstruktur individu untuk membuat written ‘’offering to do something’’
-   menyampaikan rencana kegiatan pertemuan berikutnya
-    mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya
-   memberi motivasi penyemangat belajar.
-    diharapkan mendapatkan semangat belajar.




A.    Teknik dan instrumen Penilaian :
Aspek yang dinilai
Teknik
Bentuk instrument
Contoh


Pengetahuan             ( Kognitif )
Tes  lisan
Conversation Dialogue


Tes tulis
Membuat kalimat, menyusun kalimat

Penugasan
PR
Membuat dialogue dan kalimat

Sikap ( afektif )
Disiplin
Tepat waktu

Tanggung jawab
Mengerjakan tugas

Percaya diri
Berani tampil

Keterampilan ( psikomotor )
Bermain peran
Conversation


H. Penilaian
Read the dialogue in front of the class.
Penilaian tes speaking (kompetensi pengetahuan)
No.
Butir Pengetahuan
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Kosakata
5 = sangat banyak
4 = banyak
3 = cukup banyak
2 = kurang banyak
1 = sedikit

2.
Kelancaran
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar

3.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

4.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami


CARA PENILAIAN:
Jumlah perolehan skor x 100
               20
Nilai maksimal                    = 100
KKM                       = 70



Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Pekalongan




Drs. Mujiono
NIP. 1966 1020 199203 1004
Pekalongan, 25 September 2014
Guru Mata Pelajaran



Siti Nuryani S.Pd
NIP. 1971 0717 199512 2001
                    




Tidak ada komentar:

Posting Komentar