Halaman

Selasa, 23 Desember 2014

RPP Recount Teks 13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Jenjang Sekolah        : SMA Negeri 1 Pekalongan
Kelas/Semester          : X/1
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Materi                         : Recount teks
Skill                            : Menulis (writing)
Pertemuan Ke-          : 1 dan 2
Alokasi Waktu           : 6 X 45 menit

A.  Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.  Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3. Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.6. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7 Menyusun teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mengidentifikasi teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan baik dan benar.
2.      Menyusun teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan baik dan benar.
3.      Mengaplikasikan teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan baik dan benar.
2.      Siswa mampu menyusun teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan intonasi dan kelancaran baik dan benar.
3.      Siswa mampu mengaplikasikan teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi Pokok
Teks recount, lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
F. Metode, Pendekatan, Model, dan Pembelajaran
1.      Metode            : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
2.      Pendekatan     : Pendekatan Saintifik
3.      Model              : Role-Play (bermain peran)

G. Alat / Media / Sumber Pembelajaran
       Alat                                  : Spidol dan Papan Tulis, LKS, Dictionary.
       Media                              : Kertas Warna (origami)
       Sumber Pembelajaran   : Buku Bahasa Inggris

H.  Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
a)      Pendahuluan (5 menit)
1.      Guru memberi salam (greeting) ex : Assalamu’allaikum / good morning.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa
3.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.      Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
b)     Kegiatan Inti (30 Menit)
Mengamati
·      Siswa membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dari berbagai sumber.
·      Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
·      Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi khusus.
Mempertanyakan
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,.
·      Siswa mempertanyakan mengenai gagasan pokok  informasi rinci dan informasi tertentu dalam laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah
Mengeksplorasi
·      Siswa membaca/mendengarkan beberapa laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan strategi dari berbagai sumber.
·      Siswa membacakan laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·      Siswa secara berkelompok menuliskan laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
Mengasosiasi
·      Secara berpasangan siswa saling menganalisis laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah dengan strategi membaca, yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menyampaikan laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah kepada teman dan guru
·      Siswa membuat laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah melalui 5 tahapan menulis
·      Siswa membuat jurnal belajar (learning journal).
c)      Penutup (10 Menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dipelajari.
2.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Guru memberikan pekerjaan rumah untuk siswa.
6.      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

I.     Penilaian
Kriteria penilaian:
·    Pencapaian fungsi sosial
·    Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount  berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah
·    Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·    Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·        Melakukan monolog dalam bentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah
·        Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  teks recount
Pengamatan (observations): 
Tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah
·     kesantunan saat melakukan tindakan
·     perilaku tanggung jawab,
 peduli, kerjasama, dan cinta damai,  dalam
melaksanakan Komunikasi
·      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks recount.
·    Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks recount berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·   Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain.
a.      Rubric Penilaian Menulis (writing)
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Score
1.
Kesesuaian isi dengan judul
100% isi sesuai dengan judul
5
80% isi sesuai dengan judul
4
60% isi sesuai dengan judul
3
40% isi sesuai dengan judul
2
20% isi sesuai dengan judul
1
2.
Struktur Teks
100% tulisan memiliki struktur yang tepat
5
80% tulisan memiliki struktur yang tepat
4
60% tulisan memiliki struktur yang tepat
3
40% tulisan memiliki struktur yang tepat
2
20% tulisan memiliki struktur yang tepat
1
3.
Pilihan Kata
100% pilihan kata tepat
5
80% pilihan kata tepat
4
60% pilihan kata tepat
3
40% pilihan kata tepat
2
20% pilihan kata tepat
1
4.
Keterpaduan Kalimat
100% kalimat terpadu dan runtun
5
80% kalimat terpadu dan runtun
4
60% kalimat terpadu dan runtun
3
40% kalimat terpadu dan runtun
2
20% kalimat terpadu dan runtun
1
5.
Keterpaduan Paragraph
100% paragraph terpadu dan runtun
5
80% paragraph terpadu dan runtun
4
60% paragraph terpadu dan runtun
3
40% paragraph terpadu dan runtun
2
20% paragraph terpadu dan runtun
1
6.
Penulisan Kosa kata
100% penulisan kata tepat
5
80% penulisan kata tepat
4
60% penulisan kata tepat
3
40% penulisan kata tepat
2
20% penulisan kata tepat
1
7.
Ketetapan Tata Bahasa
100% penggunaan tata bahasa tepat
5
80% penggunaan tata bahasa tepat
4
60% penggunaan tata bahasa tepat
3
40% penggunaan tata bahasa tepat
2
20% penggunaan tata bahasa tepat
1


8.
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80% tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60% tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40% tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20% tulisan hasil pemikiran sendiri
1
9.
Kerapian Tulisan
Rapi dan terbaca
5
Kurang rapi dan kurang terbaca
3

b.   Penilaian keterampilan
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
Sangat terampill, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3




4




Dst





Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil

c.       Penilaian sikap
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran teks recount lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










dst











Keterangan:        KB   : Kurang baik.             B: Baik            SB       : Sangat baik


Metro,                         Agustus 2014

Guru Pamong,                                                            Mahasiswa PPL STAIN METRO
(SMA N 1 Pekalongan)




Siti Nuryani, S.Pd                                                     Franky Asmar Ardiansyah
Npm. 1176277


Mengetahui
Kepala SMAN 1Pekalongan


Drs. Mujiono
NIP. 19661020 1992 03 1 004



Tidak ada komentar:

Posting Komentar